PEMANFAATAN SAMPAH PLASTIK MENJADI PRODUK KESENIAN DI SMP NEGERI 2 CIPONGKOR



PEMANFAATAN SAMPAH PLASTIK MENJADI PRODUK KESENIAN 
DI SMP NEGERI 2 CIPONGKOR

ESDUCIP TV





Sampah merupakan salah satu permasalahan serius yang harus mendapatkan perhatian khusus. Sampah sebagian besar berasal dari aktivitas manusia, baik sampah yang dapat diuraikan maupun tidak dapat diuraikan. Permasalahannya adalah manusia tidak mau bertanggung jawab atas sampah yang dihasilkannya sendiri sehingga yang dilakukannya justru berakibat fatal bagi lingkungan.

 

Perlu diketahui, diperlukan waktu puluhan bahkan ratusan tahun untuk sampah bekas plastik itu agar benar-benar terurai secara alamiah. Oleh karena itu, jika sampah-sampah tersebut dibiarkan begitu saja akan menimbulkan bahaya yang sangat besar.

 

Sebenarnya, permasalahan sampah plastik ini sudah menjadi problema klasik yang selalu dihadapi oleh setiap sekolah. Karena kuantitas maupun tingkat bahayanya, alangkah baiknya jika sampah plastik tersebut dapat digunakan lagi dengan cara mendaur ulang dan dijadikan produk baru.

 

Dengan mengubah sampah plastik menjadi barang yang dapat digunakan kembali dapat membantu mengurangi pencemaran lingkungan. Kreativitas pemanfaatan sampah plastik menjadi kerajinan tangan adalah solusi yang cukup baik untuk mengubah sampah plastik menjadi barang yang berguna kembali, bahkan memiliki nilai jual serta dapat dikreasikan menjadi barang yang mempunyai nilai estetika.

 

Pemanfaatan sampah plastik di SMP Negeri 2 Cipongkor dapat ditumbuhkan melalui banyak cara, salah satunya yaitu dengan membuat kerajinan tangan. Sampah plastik dapat dibuat kerajinan tangan seperti tempat tissue, tas, hiasan, dompet, lampu hias, bunga, keranjang, dan lain lain. Melalui pelatihan dan pendampingan dalam pembuatan kreasi pemanfaatan sampah yang berasal dari kemasan plastik tersebut, ke depannya para siswa akan lebih punya pengetahuan mengenai peluang usaha yang dapat tercipta melalui kreativitas dan keterampilan tersebut.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIU BULAN OKTOBER Tantangan Membaca Bandung Barat (TMBB) V 2022 Siswa, Guru, dan Kepala Sekolah

KARYA TULIS GURU BULAN OKTOBER 2022